Quanta Plus adalah aplikasi KDE untuk menyunting HTML. Akan tetapi, menyebut Quanta Plus sebagai editor HTML mungkin kurang mengena karena segudang fasilitas yang disediakan membuat Quanta Plus lebih layak menyandang gelar sebagai web development tool. Bagaimana bisa ? Mari kita jelajahi bersama apa saja yang ditawarkan Quanta.Pertama-tama, patut disadari bahwa Quanta bukanlah editor HTML yang bersifat What You See Is What You Get (WYSIYG) sebagaimana Mozilla Composer (atau FrontPage, kalau di sistem operasi Windows). Quanta benar-benar editor HTML murni, begitu mulai dijalankan yang akan dihadirkan ke hadapan Anda adalah tampilan sebagaimana layaknya sebuah editor teks. Cobalah buka sebuah halaman web dan kode-kode HTML-nya segera tampak, lengkap dengan warna warni menarik. Baru mau membuat file HTML ? Gunakan fasilitas Quick Start dan isikan beberapa hal penting (seperti judul halaman dan pewarnaan yang dikehendaki) dan Quanta akan menghasilkan kode-kode HTML-nya untuk Anda.

Walaupun langsung mengedit kode-kode HTML, Anda tidak perlu takut tersesat karena Quanta telah menyediakan dokumentasi tag-tag HTML yang lengkap. Berbekal keterangan dan kegunaan masing-masing tag HTML, tentunya lebih mudah bagi Anda untuk menyusun halaman-halaman yang informatif dan menarik. Masih ada lagi panduan (semacam wizard) yang dapat digunakan untuk membuat tabel, menyisipkan gambar, membangun frame, dan pekerjaan kecil lainnya. Panduan semacam ini akan menghadirkan sejumlah pertanyaan untuk membimbing Anda dan di akhir akan dihasilkan kode-kode HTML secara otomatis.

Quanta Plus vs Quanta Gold
Berbicara soal nama, jangan sampai Anda terjebak dengan produk lain bernama hampir sama, yaitu Quanta Gold. Berbeda dengan Quanta Plus, aplikasi Quanta Gold adalah aplikasi komersil dari theKompany (www.thekompany.com). Memang dulunya Quanta Gold merupakan perkembangan dari Quanta Plus versi awal sehingga masih ada kemiripannya. Namun demikian, kini kedua Quanta ini sudah jauh berbeda. Paling tidak, Quanta Plus tetaplah aplikasi open-source yang murah meriah sementara Quanta Gold telah bertransformasi menjadi program komersil. Keuntungan lain Quanta Plus adalah integrasinya dengan KDE. Begitu Anda menginstalasi dan menikmati KDE, maka Quanta Plus sudah tersedia dan siap untuk didayagunakan.

Kadang-kadang, ketika tengah asyik mengutak-atik HTML, penting juga bagi Anda untuk sesekali melihat bagaimana hasil dari editing tersebut. Untuk kebutuhan ini, Quanta menyediakan fitur Preview yang mudah diakses dengan mengklik ikonnya pada toolbar. Untunglah juga bahwa fasilitas preview telah terintegrasi dengan Quanta sehingga Anda tidak perlu memanggil aplikasi browser eksternal. Sebagai informasi, preview tersebut memanfaatkan KHTML, sebuah layout engine yang juga digunakan Konqueror, browser resmi dari KDE. Jika Anda lebih memilih Mozilla atau Galeon, Anda tetap dapat melakukannya dengan cara menyimpan file yang sedang dikerjakan terlebih dahulu dan membukanya di Mozilla atau Galeon.

Tentang fasilitas editingnya sendiri, Quanta bisa dikatakan cukup fantastis dalam menyuguhkan berbagai kemudahan dan kenyamanan. Sebagai contoh, menu konteks yang diaktifkan dengan klik kanan akan banyak bermanfaat, mulai dari mencari keterangan mengenai fungsi tag tertentu hingga memudahkan manipulasi tag. Ada pula syntax highlight yang memberikan warna berbeda untuk tag, atribut, teks, dan elemen-elemen lain sehingga mudah dibedakan. Selayaknya sebuah editor, Anda juga mendapatkan fitur undo dan redo yang tidak terbatas, copy paste dengan mouse, word wrap, search replace, bookmark, dan masih banyak lagi.

Mengedit HTML dengan Quanta

Bekerja dengan banyak file ? Jangan khawatir, tampilan Quanta yang memang berfilosofi Integrated Development Environment (IDE) sudah menyediakan Tree View yang salah satu fungsinya adalah sebagai file browser. Tinggal eksplorasi saja direktori kerja Anda, temukan file yang ingin disunting, sorot dan klik file tersebut, dan sekejap HTML-nya siap dinikmati di editor. Mau upload ? Tidak usah repot-repot karena Quanta dilengkapi kemampuan FTP yang sudah built-in. Anda tinggal tentukan alamat server FTP beserta username dan passwordnya dan Quanta Plus yang akan mengupload filenya.

Quanta Plus menyediakan juga dukungan untuk project. Dengan menggunakan fasilitas satu ini, Anda mengerjakan penyuntingan beberapa halaman web yang terkategorikan dalam tema yang sama. Treeview pada Quanta pun telah dilengkapi dengan kemudahan beralih-alih file dalam satu project dengan nyaman. Jika sebuah project hendak di-upload ke server, pengaturan server dan autentikasinya bisa diisikan dengan mudah. Dengan cara ini Anda dapat melakukan upload sebuah project dengan sekali klik saja. Quanta akan otomatis memperbaharui file-file yang berubah sejak upload terakhir. Praktis, kan ?

Dukungan Quanta untuk project

Meskipun Quanta cukup bersahabat bagi yang masih belajar HTML, ada juga fitur-fitur ekstra yang cukup powerful untuk dimanfaatkan mereka-mereka yang telah mahir. Sebagai contoh, syntax highlight-nya mendukung PHP, tentu akan diminati para developer web yang berurusan dengan PHP untuk menghasilkan situs yang dinamis. Soal dokumentasi, sudah disebutkan bahwa Quanta dilengkapi dengan dokumentasi HTML. Penting untuk disebutkan bahwa dokumentasi lain juga tersedia, antara lain CSS, JavaScript, dan PHP.

Sudah kenal dengan JavaScript ? Jika iya, Anda bakal tidak akan melewatkan dukungan Quanta untuk JavaScript. Bahkan membubuhkan event handler semacam onBlur() atau onMouseOver() juga semudah mengaktifkan kotak dialog Tag Properties dan menuliskanya pada kotak isian yang telah tersedia.

Ada lagi syntax checking yang memungkinkan Anda memeriksa keabsahan kode-kode HTML yang dibuat. Untuk melacak kesalahan penyusunan tag-tag HTML tersebut, Quanta Plus bahkan dapat melakukan parsing dan menghadirkan representasi HTML dari dokumen kerja Anda dalam bentuk tree.

Selayaknya aplikasi KDE, Quanta Plus punya fleksibilitas tinggi dalam hal user interface. Sebagai contoh Anda bisa melakukan kustomisasi toolbar sesuai kebutuhan. Anda bahkan dapat menyimpan pengaturan toolbar ini untuk digunakan di kemudian hari. Quanta juga mendayagunakan kemampuan spell check dari KDE. Tentu saja hal ini baru bermanfaat manakala dokumen yang Anda tulis menggunakan bahasa Inggris. Berbagai ragam konfigurasi dapat dilihat atau disesuaikan dengan mudah dengan kotak dialog Configure Quanta.

Walhasil, bisa diungkapkan bahwa Quanta Plus dapat dijadikan contoh sebuah produk open-source yang kaya akan fitur, mudah digunakan, lengkap dokumentasinya, serta cocok baik untuk yang masih awam maupun sudah mahir

Iklan