Akhir-akhir ini sebagian besar hanphone sudah support Java (J2ME), dan aplikasi Java pun sudah banyak kita jumpai di interet. Lihat saja GetJar, disini kita bisa cari aplikasi Java yang sesuai dengan spesifikasi handphone kita.Salah satu aplikasi yang menarik untuk disimak adalah Yahoo Messenger, bagi yang sudah terbiasa menggunakan Yahoo Messenger di PC tentunya sudah mengenal aplikasi ini. Aplikasi yang biasa dipakai untuk chatting ini sekarang sudah banyak versi J2ME-nya yang secara free bisa kita download dan install di HP Kita, bahkan beberapa HP sudah memasukkan aplikasi ini sebagai aplikasi builtinya.

Menarik memang, karena bagi yang suka SMS-an, aplikasi ini sangat bermanfaat. Asal kedua HP sudah terinstall Yahoo Messenger, maka kita tidak perlu keluar uang untuk membeli pulsa untuk SMS-an. Pulsa yang dipakai hanyalah pulsa untuk koneksi ke internet, kenapa pulsanya murah..? Karena kebanyakan HP menerapkan pentarifan internet berdasarkan volume (volume base), sehingga sangat ideal buat kebutuhan chatting (Chatting sangat menghemat bandwidth, karena hanya kirim-kirim karakter), walaupun chatting berjam-jam, pulsa kita hanya berkurang sedikit karena lalulintas datanya sangat kecil.

Bagi yang berminat menggunakan aplikasi Yahoo Messenger ini, persyaratannya adalah :

  1. HP Sudah mendukung Java (J2ME)
  2. HP sudah bisa konek ke internet

Jika kedua sayar tersebut sudah terpenuhi coba download aplikasi di YMess, atau bisa juga download langsung dari HP di http://www.getjar.com/products/8888/YMess. Selanjutnya silahkan diinstall di HP dan aktifkan.

Tambahan lagi karena sudah menggunakan jaringan internet, maka kita bisa chatting dengan teman-teman kita dimanapun mereka berada dengan biaya yang sama.