PlaySMS adalah aplikasi berbasis bahasa pemrograman PHP yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima SMS. Bentuk pengiriman SMS yang dilakukan bisa berupa single SMS, yaitu pengiriman SMS ke 1 nomor handphone, bisa juga berupa broadcast SMS dimana SMS dikirimkan ke sebuah grup yang telah didefinisikan oleh user. Dalam 1 grup ini dapat terdiri dari 1 atau lebih nomor handphone. Sedangkan bentuk penerimaan SMS yang tersedia adalah SMS yang diterima dapat langsung diarahkan ke email atau kotak masukan, inbox, dapat pula langsung ditampilkan dalam sebuah halaman html yaitu SMS Board, dapat dijadikan sebagai masukan untuk menyelenggarakan pemungutan suara, polling atau quiz, yang dikenal sebagai SMS Poll, dan dapat pula diarahkan untuk menjalankan suatu program yang dikehendaki di server dan mendapatkan hasilnya, yang dikenal sebagai SMS Command.

Aplikasi yang dikemas dalam paket berukuran relatif kecil ini, hanya 105 kB, tersedia dengan bebas untuk di-download, dimodifikasi dan digunakan untuk keperluan yang anda kehendaki. Lisensi aplikasi yang diterapkan padanya adalah GPL, GNU Public License. Dengan demikian, komunitas opensource berharap bahwa hasil modifikasi yang dilakukan terhadap aplikasi berlisensi GPL ini dikembalikan pada public. Artinya semua orang berhak untuk melihat perubahan apa saja yang anda lakukan terhadap aplikasi ini.

Dua situs besar yang mendukung opensource sangat membantu dalam pengembangan PlaySMS yaitu Freshmeat.net dan SourceForge.net. Dengan Freshmeat pengembang dapat mengumumkan adanya rilis-rilis terbaru yang siap di download, dan melalui SourceForge pengembang mendistribusikan rilis-rilis terbaru PlaySMS ini kepada seluruh situs mirror SourceForge diseluruh dunia agar pengguna dapat dengan mudah memperoleh aplikasi ini. Khususnya SourceForge, mereka tidak hanya menyediakan File Repository, tetapi juga menyediakan halaman web dan berbagai perangkat pengembangan aplikasi lainnya seperti FRS (File Releasing System) dan CVS (Concurrent Versions System). Sedang untuk mailing list para pengembang PlaySMS lebih memilih untuk menggunakan jasa Yahoo! Groups. Disana pula tersedia berbagai rilis beta dan RC (Release Candidate) PlaySMS sebelum versi stabilnya di upload ke SourceForge dan diumumkan di Freshmeat.