Saat ini ada beberapa teknologi RIA yang sedang berkembang,diantaranya adalah :

  1. Asynchronous Javascript and XML (Ajax)
  2. Flash
  3. Laszlo
  4. Flex
  5. Windows Presentation Foundation/XAML/Expression

Asynchronous Javascript and XML (Ajax)

Asynchronous Javascript and XML (Ajax), Ajax sudah terkenal sekali bagi developer Web. Ajax menggunakan HTML, DHTML, dan Javascript. Fondasi utama dari Ajax adalah penggunaan JavaScript untuk meng-Update halaman tanpa reloading. Program JavaScript berjalan pada browser bisa meng-insert data baru ke dalam Halaman Web dengan memanipulasi HTML DOM tanpa reloading halaman baru. Update mungkin melibatkan data baru yang di load dari server dalam background (menggunakan XML atau format lain). Untuk me-Request data JavaScript menggunakan perintah XMLHttpRequest.

Flash

Salah satu pemain dalam hal RIA adalah Flash, Sejak tahun 2002 Macromedia (sekarang bagian dari Adobe) mulai fokus pada flash yang bukan sekedar tool untuk animasi saja, Macromedia mulai meningkatkan kemapuan flash sebagai tool untuk membuat web yang interaktif. Hampir 97 persen Web browser sudah menggunakan Flash Player.

Laszlo

untuk memenuhi kebutuhan tool yang developer-friendly dalam membangun RIA, Laszlo System mengembangkan bahasa dan compiler yang memungkinkan developer untuk bekerja dengan bahasa yang Familiar yang compilernya bisa membuat aplikasi untuk dijalankan dalam Flash Player. Laszlo seperti Ajax, aplikasi Laszlo dibuat dari JavaScript dan XML, tetapi bisa berjalan di dalam Flash Player. Akses data pada Laszlo sama dengan Ajax yaitu dengan melakukan load di dalam server-side XML. Laszlo bisa mengakses consume Simple Object Access Protocol (SOAP) di dalam Web Services. Laszlo saat ini merupakan platform yang open source dan gratis.

Flex

Untuk alasan yang sama seperti pengembangan Laszlo yaitu untuk memenuhi kebutuhan tool yang developer-friendly untuk membangun aplikasi flash. Pada tahun 2004 Macromedia meluncurkan Flex 1.0 diikuti Flex 1.5 dan pada tahun 2005 dan 2006 Flex 2.0 diluncurkan. Secara Arsitektur, Aplikasi Flex sama dengan Ajax. Keduanya mampu melakukan dinamik update yang berjalan pada belakang layar. Pada paket yang di bundel Adobe Flex 2.0 berisi AS 3.0, Flash Flayer 9, Flex Framework 2, Flex Builder 2, dan Flex Data Services 2 (FDS2). Tetapi saat ini SDK Flex 2.0 sudah menjadi Open Source seperti halnya SDK-nya Java.

Windows Presentation Foundation/XAML/Expression

Microsoft telah mengumumkan bahwa mereka akan meluncurkan satu set tool untuk membantu developer membangun RIA dalam platform Windows.Sistem Baru itu berisi :

  • WPF-Windows Presentation Foundation(Kode name Avalon).dianalogikan sebagai Flash Player dan Flex Framework
  • XAML-Extensible Application Markup Language, merupakan bahasa XML yang bisa membuat Aplikasi WPF. XAML dianalogikan sebagai bahasa MXML pada Flex
  • C#-merupakan bahasa program yang digunakan untuk membangun aplikasi WPF. C# disini dianalogikan sebagai bahasa AS 3.0 pada Flex
  • Microsoft Expression
  • Visual Studio

Referensi : Professional Adobe Flex 2 byRich Tretola, Simon BarberandRenaun Erickson

Iklan