Flashdisk saat ini sudah menjadi storage yang umum dikalangan orang-orang yang menggunakan komputer. Selain ukurannya lebih besar daripada disket (dari 32 MB sampe 2 GB lebih), penggunaannya pun lebih memudahkan daripada kita menggunakan CD/DVD yang harus kita burn terlebih dahulu untuk menyimpan datanya.

Oke bagaimana men-setting tampilan Flashdisk, ikuti cara sebagai berikut :

1. Memberi tampilan background.

Untuk memberi background pada Flashdisk kita, pertama kita buat file yang bernama dekstop.ini memakai NotePad dan taruh kedalam folder paling luar Flashdisk kita. Tulis code seperti dibawah ini didalam isi filenya :

[ExtShellFolderViews]
{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}={BE098140-A513-11D0-A3A4-

00C04FD706EC}

[{BE098140-A513-11D0-A3A4-00C04FD706EC}]
Attributes=1

IconArea_Image=FolderSetting\background.jpg
IconArea_Text=0×00FFFF

[.ShellClassInfo]
ConfirmFileOp=0

;Setting by Fukutenshi Youfan

IconArea_Image adalah alamat dari gambar yang akan kita gunakan sebagai background, dalam contoh diatas, alamatnya ada di folder FolderSetting dengan nama file background.jpg. IconArea_Text adalah setting untuk warna dalam hexa dari text nama folder/file didalam Flashdisk kita, dalam contoh diatas value-nya 0×00FFFF, yang berarti warnanya orange kuning.

Kemudian kita buat satu folder hidden baru bernama FolderSetting, dan masukkan gambar background yang akan kita pakai kedalam folder tersebut. Harus diperhatikan nama gambar yang akan kita pakai untuk background harus sama dengan nama yang sudah kita tulis didalam file dekstop.ini sebelumnya. Agar lebih aman, settinglah file dekstop.ini dan folder FolderSetting ke mode hidden sehingga tidak kelihatan oleh orang lain. Dan setelah kita eject ulang Flashdisk kita, maka tampilan background Flashdisk kita sudah menjadi gambar yang kita inginkan.

2. Mengganti icon Flashdisk.

Untuk mengganti icon Flashdisk kita, kita buat sebuah file baru yang bernama autorun.inf memakai NotePad. Autorun adalah file yang akan pertamakali dijalankan oleh storage. Didalam file ini kita bisa men-setting storage kita dan akan dijalankan langsung ketika storage kita connect ke komputer, seperti setting icon Flashdisk, setting program yang akan pertamakali dijalankan ketika meng-klik Flashdisk, setting file yang pertama kali dibuka, etc. Isi dari file autorun.inf yang akan kita pakai adalah sebagai berikut :

[Autorun]
icon=penguin.ico

;Setting by Fukutenshi Youfan

Jangan lupa untuk memasukkan icon yang akan dipakai sebagai icon Flashdisknya kedalam Flashdisknya, dalam contoh diatas file penguin.ico. Untuk lebih aman, setting attribute file autorun.inf dan file icon Flashdisk kita ke mode hidden. Setelah Flashdisk di eject dan di connect lagi kekomputer, maka hasil akhir tampilan Flashdisk akan tampak seperti gambar di bawah :

Flashdisk01

Dapat dilihat kalo icon dari Flashdisk kita sudah berubah dan begitu pula tampilan background dan warna text-nya! D