Di Laptop saya, terinstall baik Yahoo Messenger maupun Skype.

Walaupun saya menggunakan keduanya, namun sebenarnya saya lebih suka menggunakan Skype.

Jika anda belum menggunakan skype, Anda bisa mencobanya dengan mendownloadnya terlebih dahulu di: Skype

Kelebihan dari skype, sesuai dengan pengalaman yang saya rasakan ketika menggunakan kedua messenger diatas adalah:

1. Skype dapat secara otomatis menyimpan hasil chatting, tanpa perlu melakukan apapun.


Setelah selesai chatting, saya bisa langsung menutup semua jendela, tanpa harus melakukan proses penyimpanan seperti yang biasanya saya lakukan dengan Yahoo Messenger.

Pada skype semua hasil chattingan, sampai 30 hari yang lalu sekalipun dapat dilihat dengan mudah. Bahkan sejak awal anda pernah chat dengan orang tersebut bisa ditrack hasil percakapan yang pernah dilakukan.

Siapa tahu anda membutuhkan sebuah alamat website atau nomer HP atau apapun yang pernah disampaikan selama chat beberapa hari atau bahkan minggu yang lalu. Dengan skype anda dapat lansung mencarinya pada fasilitas show message from.

2. Tampilan Jendela Skype kelihatan lebih menarik dan profesional.

3. Berbicara dengan skype antar komputer/laptop hasilnya sangat jelas.

Seringkali jika saya perlu bercakap cakap secara langsung via laptop tanpa menggunakan tambahan mike, dengan tetangga atau saudara maka saya gunakan skype untuk bercakap cakap dengan mereka.

Kualitas suaranya hampir sama dengan menggunakan telepon. Bedanya kalau telepon saya tidak didepan komputer, sedangkan dengan skype saya bisa lansung melihat apa yang sedang dibicarakan, atau ditanyakan karena sama sama berada didepan komputer.

4. Proses pengiriman file pada skype juga lebih mudah.

Itulah hal-hal kelebihan menggunakan skype yang saya rasakan. Namun karena banyak teman di Internet masih menggunakan Yahoo Mesengger, maka saya juga menggunakan YM.