Sebuah buku luar biasa yang berjudul “The Magic Of Thinking Big” karangan David J.Schwartz yang diterjemahkan oleh Drs.F.X.Budiyanto dalam buku “Berpikir dan Berjiwa Besar” mengulas bahwa bila anda percaya dapat berhasil, maka anda akan benar-benar berhasil.

Keberhasilan berarti kesejahteraan pribadi, memperoleh kehormatan, populer, disegani, kebebasan (dari kekhawatiran, ketakutan, frustasi, kegagalan), mampu mengerjakan lebih banyak bagi mereka yang bergantung kepada Anda, dan yang kasih sayangnya begitu Anda hargai.

Keberhasilan adalah tujuan hidup dan setiap manusia menginginkannya. Cara terbaik untuk memperoleh adalah dengan percaya bahwa Anda dapat berhasil. Kepercayaan, sikap positif “saya dapat” membangkitkan kekuatan, keterampilan dan energi yang diperlukan untuk berhasil. Jika Anda percaya “Saya dapat melakukannya” dan benar-benar percaya, maka “bagaimana melakukannya ” pun berkembang secara otomatis. Pelajarilah bagaimana orang sukses mendekati dan mengambil keputusan, maka Anda akan berhasil. Cara melakukannya selalu muncul untuk orang yang percaya bahwa dia dapat melakukannya.

Kepercayaan yang kuat menggerakkan pikiran untuk mencari jalan dan sarana untuk melakukannya. Dan percaya bahwa anda dapat berhasil membuat orang lain menaruh kepercayaan kepada Anda. Mayoritas orang tidak menaruh kepercayaan yang besar akan kepercayaan.

Satu-satunya unsur yang paling esensial di dalam penjelajahan luar angkasa dewasa ini adalah kepercayaan bahwa ruang angkasa dapat dikuasai. Tanpa kepercayaan yang kuat dan tidak tergoyahkan bahwa manusia dapat mengadakan perjalanan keluar angkasa, para ilmuwan tidak akan mempunyai keberanian, minat dan antusiasme untuk maju. Kepercayaan bahwa manusia bisa terbang mampu menghasilkan karya megah yaitu pesawat terbang. Kepercayaan bahwa kanker dapat disembuhkan akhirnya menghasilkan obat kanker.

Kepercayaan akan hasil yang besar adalah kekuatan penggerak di belakang semua buku besar, drama besar, penemuan ilmiah yang besar. Kepercayaan akan keberhasilan ada di balik semua bisnis yang berhasil, perusahaan yang berhasil dan organisasi politik yang berhasil. Kepercayaan akan keberhasilan adalah satu unsur dasar yang sepenuhnya esensial pada diri orang-orang yang berhasil.

Otak Anda adalah “pabrik pikiran” yang sibuk menghasilkan pikiran yang tak terhitung setiap jam. Ada 2 mandor dalam pabrik pikiran Anda yaitu Tuan Kemenangan dan Tuan Kekalahan. Tuan Kemenangan menghasilkan pikiran-pikiran positif seperti mengembangkan alasan mengapa anda dapat, mengapa anda cakap, mengapa Anda akan berhasil. Taun kekalahan menghasilkan pikiran-pikiran negatif seperti mengembangkan alasan-alasan mengapa Anda tidak dapat, mengapa Anda lemah, mengapa anda tidak memadai dan mengapa Anda akan gagal. Kedua mandor tersebut sangat patuh kepada Anda

Percayalah, benar-benar percaya bahwa dapat berhasil, maka Anda pun akan berhasil. Berpikirlah ragu / anda gagal, maka anda pun akan gagal.

Satu-satunya tindakan yang bijaksana adalah memecat Tuan Kekalahan. Anda tidak membutuhkan dia. Gunakanlah Tuan Kemenangan 100% selalu. Ketika ada pikiran memasuki benak Anda, minta Tuan Kemenangan agar bekerja untuk Anda maka dia akan memperlihatkan bagaimana Anda dapat berhasil.